Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Kamis, 16 Desember 2010

10 Hantu Jepang

Masyarakat Jepang dan Konsep Alam Gaib*
Negara Jepang merupakan salah satu negara yang unik dan mempunyai latar belakang sejarah yang berpijak pada hal supranatural. Masyarakat Jepang meyakini adanya kekuatan batin manusia yang dapat memasuki dimensi lain yang penuh dengan kekuatan luar biasa. Dunia supranatural Jepang cara baik untuk menjelaskan yang tidak dapat dijelaskan dan sebuah cara untuk masuk lebih dalam lagi. Hal itu bisa dikatakan sebagai sebuah pencarian spiritual bagi para pencari hal mistik. Keajaiban ada di mana-mana dan kejadian ajaib yang supranatural mungkin sedang menunggu di sudut berikutnya.
Dalam pemikiran orang Jepang, ketika seseorang meninggal dunia rohnya akan meninggalkan kehidupan ini menuju ke dunia yang kekal, setelah mencapai tempat tujuan ini rohnya harus menghabiskan beberapa waktu di antara tingkat keberadaan dalam sebuah tempat yang tidak jelas dan tidak pasti. Di tempat inilah roh dapat menjadi hantu penasaran yang dapat menghantui atau mengganggu orang-orang yang masih memiliki hubungan yang kuat dengannya. Para roh tersebut terus menghantui orang-orang di dunia sampai ada seseorang atau sesuatu yang bisa membebaskan mereka untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju keabadian.
Konsep orang Jepang terhadap alam gaib adalah sebagai berikut :
a.Bagi orang Jepang, semua fenomena alam yang hidup (animate) maupun yang tidak hidup (inanimate) bahkan benda buatan manusia sekalipun mempunyai potensi untuk menjadi hidup jika dimasuki oleh roh gaib.
b.Tenaga gaib khusus atau fungsi dari roh atau dewa dapat mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan sifat dari wadah tempat bersemayamnya. Bukti dari disosiasi antara dewa dengan tempat persemayamannya itu, terletak pada adanya keyakinan bahwa suatu dewa dengan fungsi tertentu dapat saja mempunyai beberapa tempat persemayaman dan fungsi berbeda.
Dalam tradisi Jepang mengenal beberapa makhluk halus, diantaranya adalah :



1.怨霊(Onryou)

Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih.
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.

2.産女 (Ubume)

Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Ubume adalah sosok hantu wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Apabila di Indonesia hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.

3.船幽霊(Funa Yuurei)

Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.

4.座敷童子 (Zashiki Warashi)

Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.

5.Sazae Oni
 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/archive/1/1d/20100719225645!SekienSazae-oni.jpg
Sazae-oni (Jepang, "ogre kerang") adalah makhluk dari mitologi Jepang, menyerupai krustasea besar. Mereka adalah jenis obake, membentuk ketika siput sorban, terutama Turbo cornutus, mencapai usia 30 tahun.

Legenda paling populer dari Sazae-Oni adalah tentang kelompok bajak laut yang tenggelam diselamatkan oleh seorang wanita dari laut dan membawanya kembali ke kapal. para anggota bajak laut bersaing untuk mendapat perhatiannya, ternyata dia bersedia berhubungan tubuh dengan mereka semua, tapi ternyata dia merampas alat kelamin mereka. Para anggota bajak laut jelas marah, lalu melemparkan dia ke laut, dan wanita itu kembali ke bentuk aslinya, mereka menukar emas dengan alat kelaminnya. Bajak laut yang berahir dengan meninggalkan emas untuk Sazae-Oni. Testis kadang-kadang disebut kerabat-tama atau "bola emas" dalam bahasa Jepang, sehingga bagian lucunya berjalan emas yang dibeli dengan emas. 

6.Uwan
 Yōkai: Uwan--
 Sebuah uwan (うわん?) Adalah suara tanpa tubuh yang mendiami candi tua dan rumah-rumah yang ditinggalkan. Menurut legenda kuno dari Prefektur Aomori Jepang, ketika seseorang memasuki salah satu bangunan, tak berbentuk yōkai berteriak-tindik telinga adalah suara hanya terdengar kepada orang-orang di dalam gedung "Uwan!" - Orang-orang luar mendengar apa-apa. Sejak uwan seorang tidak secara fisik ada dan hanya terdiri dari suara, itu tidak menimbulkan bahaya fisik.

legenda kuno Jepang memberikan beberapa contoh yōkai tak berbentuk seperti uwan, yang terdiri dari apa-apa selain suara, cahaya atau fenomena alam lainnya. Pada periode Edo, bagaimanapun, roh-roh setan dianggap tubuh fisik artis seperti Sawaki Suushi dimasukkan dalam pekerjaan mereka. 

7.Mujina
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgqYdMDBOdBmMeoaLzkaFX1JnUfndTM-rmpY19Nb-5CICQbaS0k8TvivK3KMZlNmZGSpGm7a2ZTykPedLymHBUFvI1B4F9zgW2nrf-nTRrK_FpVoE55sumDSnIFE1khAe6KGWTFSk2b8Y/s320/shichibi-no-kaku.jpg
Mujina (貉?) Adalah istilah bahasa Jepang tua terutama mengacu badger tersebut. Di beberapa daerah istilah ini merujuk bukan untuk anjing rakun Jepang (juga disebut tanuki) atau untuk civets diperkenalkan. Menambah kebingungan, di beberapa daerah seperti hewan badger juga dikenal sebagai mami, dan di salah satu bagian dari Prefektur Tochigi luak disebut anjing dan tanuki rakun disebut sebagai mujina.

Seperti tanuki dan rubah, yang mujina cerita rakyat Jepang adalah shapeshifter avid dan penipu manusia. Salah satu bentuk mujina yang diklaim untuk mengambil, sebagaimana dipopulerkan dalam sebuah cerita oleh Lafcadio Hearn [1], adalah bahwa dari "hantu tak berwajah". Semacam ini khusus rakasa kadang-kadang disebut oleh pembicara bahasa Inggris sebagai mujina, tapi orang Jepang tahu sebagai noppera-bo. 

8.Onibaba
 http://www.geocities.jp/sakuragaoka5364/e/onibaba1.jpg
The Onibaba memiliki penampilan seorang wanita tua keriput. Beberapa fitur nya lebih khas termasuk memiliki penampilan, berantakan gila, rambut liar yang tampak, dan mulut besar. [2] Ia kadang-kadang digambarkan dengan pisau dapur dan duduk dengan gulungan benang [3] [4]. Dia sering menyembunyikan penampilan iblis itu dengan tujuan agar orang-orang merasa aman.

Wanita dari siapa berasal Onibaba dikatakan telah tinggal di sebuah gua atau rumah kecil di Hara Adachi--ga (安達 が 原, menyalakan tegalan dari Adachi?.) Dan meninggal dekat-oleh, di sebuah tempat bernama Kurozuka (黒冢).? [5] Ada sebuah museum kecil di Adachigahara yang dikatakan tetap memeluknya serta panci masak dan pisau yang ia digunakan pada korbannya 

9.Abura Akago

Di kota kedelapan Otsu di Omi ("Afumi") Propinsi terdapat bola api terbang.Penduduk asli mengatakan bahwa dulu di desa Shiga ada orang yang mencuri minyak, dan setiap malam ia mencuri minyak dari Jizo dari persimpangan Otsu, tapi ketika orang ini mati jiwanya menjadi api dan bahkan sekarang mereka tumbuh terbiasa api ini mengembara. 

10.Abumi-Guchi
Abumi-guchi (镫 口, lit?. "Sanggurdi mulut") adalah, aneh yōkai berbulu, atau rakasa Jepang, yang digambarkan dalam Sekien Toriyama's Gazu Hyakki Tsurezure Bukuro. Ini adalah jenis tsukumogami terbentuk dari sanggurdi, biasanya satu yang dulu milik seorang tentara jatuh. Dikatakan bahwa-abumi guchi akan menunggu di mana ia berada untuk prajurit jatuh untuk kembali.

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar