Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Rabu, 28 Desember 2011

Alay??


jurnal blankerz kali ini akan membahas tentang alay...
basi mungkin,
tapi msih bnyak orang yang gw temuin masih binggung tentang apa sih alay itu?...


banyak juga yang tanya ke gw tentang alay (emang gw pakar alay apa?!)
ada juga yang menganggap alay=gaul / keren.


so gw tanya-tanya sama mbah google, than i found this...


apa sih alay itu?


Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan." (anak lebay maksut gw [emang apa bedanya]), Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. 
Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. 
Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik (cenderung ke aneh hahahah) dalam hal bahasa dan gaya hidup. 
Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan.
Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon.

ciri-cirinya?

A) tingkat keparahan paling rendah:
1. nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"
2. memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~"
3. menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"
4. comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa"
5. layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pinkk fontnya yang anehlah
   (ini jaman fb kli ya hahahha)


B) tingkat keparahan rendah:
1. aboutme panjaaaang banget dengan gambar dari myspace yang gajelas pake isi gr-gr an kaya "aq tuh.... cntik.... lucu.... punya cowo ganteng..." zzz dan sebagainyalah lo tau kan
2. penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh
3. foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu
4. mediabox dipenuhin dengan gambarrrrrr


C) tingkat keparahan sedang:
1. mamerin kebisaan dishotout, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari" (halah)
2. rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu... y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya..........blabalabla"
3. nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "delita saiianks si luthuu.." atau "delita cinta dya" gitulah ya aezzz...
4. bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!!


D) tingkat keparahan akut:
1. barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.
2. tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ
3. minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw"
4. gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas
5.nge post bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment


atau yang ini



1. Alay level easy
alay yg berada pada posisi ini biasanya adalah orang yang sangat pemales. Kenapa pemales ?
Karena mereka males mandi. Bukan itu jawabannya ! (gak nyambung piss)
Mereka gua bilang pemales karena , nulis nya singkaaat bener puyeng tau bacanya -_-
Contoh : W gi d rmh , bsen g da krjaan

dan asal kalian tau ya huruf "G" pada tulisan Alay macem ini mempunya banyak arti yaitu
G1 = lagi
G2 = gak
G3 = geh
G4 = gua
bingung kan coba kalo mereka nulis kayak gini :
g g g enk bdn
yang arti sebenarnya adalah :
gua lagi gak enak badan .Oh, so confusing -___-
kenapa sih mereka gak mencoba menulis dengan baik sesuai dengan EYD ? -___-



2. Alay level Medium
Alay level ini udah satu tingkat di atas level Alay yang sebelumnya , alias level easy.
Menurut gua , alay pada level ini adalah orang yang amat sangat plin plan .
Kenapa mereka gua bilang plin plan ?

Karena mereka itu gak konsisten ! (yaiyalah )Gak konsisten antara apa yang mereka tulis , kalo mau huruf gede ya huruf gede aja , kalo maunya huruf kecil ya kecil aja gak usah plin plan gitu dong ! *emosi menggebu-gebu*
contohnya :HeLLoW , Qmu gY nGaPz nIeCh ?
yang maksudnya :Hallo , kamu lagi ngapain nih ?
Plin Plan banget kaaaan -__-


3. Alay level Hard

Alay jenis ini, udah parah banget susah banget deh buat sembuh. Ibaratnya kalo penyakit kanker itu dia udah stadium 4 . Kritis banget lah udah mau mati gitu (?)
Tapi alay yang satu ini sbenernya cukup pintar dalam bidang matematika.
Kenapa gua bilang dia pintar dalam bidang matematika ? Karena dia itu suka banget sama yang namanya ANGKA .

Contoh nih :
iY4 aQ 9a tw m0 qm4n4 n1h
yang artinya
iya aku gak tau mau ke mana nih

terbukti kan mereka itu cinta banget sama angka !
dan biasanya orang yang suka angka itu adalah orang yang ahli dibidang matematika !
nmakanya jangan remehin alay yang satu ini hoho

Inti dari segala inti yang gua bahas dari Alay berdasarkan tulisan , ngebaca tulisan yan aneh-aneh itu gak enak bikin mata sakit.
Mending kita ikutin aturan yang udah ada aja deh , kalo mau rada menyimpang juga menyimpang yang rada bagus gitu lah (Jadi inget pelajaran Sosiologi)
Contoh deh ini, lebih enak baca tulisan yang kayak gini kan daripada yang q4yAk gNi ?




Kenapa Alay Ogah Main Twitter dan Blog?

Sebuah kabar menarik datang dari Amerika Serikat. Hasil riset mutakhir yang diumumkan kemarin oleh lembaga penelitian Pew Internet menunjukkan bahwa remaja dan anak muda ternyata tak berminat lagi pada blog. Mereka lebih suka aktif di situs-situs jejaring sosial, kecuali Twitter.
Riset yang dilakukan pada September 2009 itu menyurvei 2.253 orang dewasa dan 800 remaja di Amerika untuk mengetahui bagaimana responden memanfaatkan Internet dan situs media sosial yang paling sering mereka akses.
Mengapa ABG (anak baru gede) di Amerika cenderung ogah mengelola blog? Bagaimana dengan para “alay” di Indonesia?
Sebelum sampai ke situ, mari kita telaah temuan-temuan riset Pew Internet. Menurut riset tersebut, yang sudah bisa ditebak, remaja dan anak muda di Amerika jauh lebih banyak menggunakan Internet dibanding orang dewasa. Angkanya 93 persen (remaja dan anak muda) dibandingkan dengan 38 persen (orang dewasa di atas 65 tahun). Sekadar ilustrasi, di Indonesia, menurut situsCheck Facebook, 62 persen pengguna Facebook berusia 14-24 tahun, 25 persen berusia 25-34 tahun, dan sisanya 34 hingga di atas 65 tahun.
Riset juga menunjukkan, 63 persen remaja pengguna Internet itu rata-rata sekali dalam sehari membuka web. Tapi orang dewasa membuka Internet lebih dari satu kali dalam sehari.
Apa yang dilakukan responden di Internet?
Riset Pew menemukan bahwa 73 persen responden berusia 12-17 tahun remaja adalah pengguna aktif jejaring sosial, seperti Facebook, Flickr, dan YouTube. Mereka mengunggah foto, memperbarui dan mengomentari status, serta mengirim pesan ringkas via layanan seperti Yahoo! Messengers, AIM, dan MSN.
Yang mengejutkan adalah remaja makin kurang menyukai blog. Sementara dalam riset Pew pada 2006 menunjukkan bahwa 28 persen remaja memiliki blog, tahun ini anjlok tinggal 14 persen. Remaja tampaknya menganggap Facebook dan media-media sosial lebih gampang untuk memperbarui status, sehingga blog tak diperlukan lagi.
Satu-satunya media sosial yang kurang disukai oleh responden remaja adalah Twitter. Hanya 8 responden remaja memakai Twitter. Remaja putri lebih banyak yang menggunakan Twitter ketimbang remaja pria, 13 persen remaja putri berusia 14-17 tahun dilaporkan memakai layanan tersebut.
Apa yang bisa kita simpulkan dari riset itu?
Data itu dikumpulkan pada September 2009. Ada banyak perubahan di media sosial dalam kurun lima bulan ini. Meski demikian, ada kecenderungan yang terlihat jelas: remaja senang beraktivitas daring, tapi mereka kurang tertarik membuat tulisan untuk blog atau “berkicau” di Twitter. Menciptakan sesuatu — seperti posting di blog — dianggap lebih membutuhkan waktu dan energi ketimbang mengubah status atau mengunggah foto di Facebook.
Remaja belum cukup berpengalaman atau kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat posting di blog sehingga hanya sedikit orang pula yang bersedia mendengarkan “ocehan” mereka. Dengan sedikitnya pengetahuan, remaja pun enggan berbicara di muka khalayak.
Kehidupan sosial remaja jauh lebih sempit dan tertutup ketimbang orang dewasa. Itu sebabnya jaringan tertutup seperti Facebook lebih menggoda bagi remaja ketimbang Twitter yang jauh lebih luas dan terbuka. Blog pun lebih merupakan tempat berbagi pengalaman secara intim. Itu menjelaskan mengapa lebih banyak remaja yang menelantarkan blog mereka selama beberapa tahun terakhir.
Saya belum mengetahui hasil riset sejenis untuk Indonesia. Tapi saya kira temuan Pew itu tak jauh berbeda. Sejauh yang saya amati, blog-blog yang masih aktif rata-rata dimiliki oleh mereka yang berusia di atas 25 tahun. Mereka yang aktif berkicau di Twitter pun umurnya rata-rata di atas 20 tahun.
Mereka yang disebut “alay” alias anak layangan terlihat sangat aktif di Facebook. Anak-anak yang rata-rata berusia di bawah 20 tahun ini rajin mengunggah foto dengan pose nyaris seragam: kepala sedikit miring, bibir monyong, dan jari menempel di pipi. Teks yang mereka tuliskan di status pun menggunakan kata-kata khusus, misalnya 3m4n6 kalo 6w 4l4y, l0 m4u 4p4.
Anda tahu artinya?
(tidak menutup kemungkinan yg punya twitter dan blog itu g alay)

Than what alay is?

kesimpulanya alay adalah orang-orang yang sangat suka melihat orang bingung
besar dugaan mereka sekolah di planet lain jadi tulisan-tulisan mereka mengandung kode-kode dan sandi-sandi tertentu supaya orang lain tidak bisa membaca tulisan mereka.
atau mereka adalah species langka yang dari bayi udah jago telematika?!
jangan-jangan pusar mereka juga dari kabel USB...
secara pose foto biasanya kaum alay ini mengambil angle dari atas dengan muka menghadap kamera
sehingga menimbulkan efek muka mereka yang memenuhi kaera
(bisa di bayangin sendiri kan)
dan dari mulut keluar sesuatu + tangan yang berpose aneh.
atau low angle
(angle foto di ambil dari bawah)
dengan bibir yang biasanya minta di kucir...
atau lidah yang menjulur-julur ala komodo...
pasang muka aneh atau sok imut...
dan banyak lainnya...
oh iya kalo ada yang tau tentang "gaul" kayaknya gw udah pernah bahas di posting sebelumnya,

liat aja di blankerz

sumber: mbah google
(thanks buat blogger-blogger yang udah posting duluan... maaf kalo link klian g bisa di tampilin)


By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar