Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Selasa, 13 Desember 2011

Orang Tidak Pede Nikmati Kesialan Orang Lain



Headline
Sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang yang memiliki masalah kepercayaan diri, cenderung menikmati kesialan yang menimpa orang lain.

Menurut penelitian yang dipimpin Wilco Van Dijk dari Leiden University, Belanda, orang-orang yang memiliki rasa percaya diri rendah merasa terancam oleh orang lain yang memiliki harta atau pengalaman lebih.
Dalam psikologi, istilah kejiwaan yang menikmati penderitaan orang lain adalah schadenfreude. Demikian seperti yang dikutip dari ST.
"Menurut saya, jika anda memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka anda akan melakukan berbagai cara untuk merasa diri lebih baik. Dan ketika anda menikmati penderitaan orang lain, maka Anda melakukan tindakan schadenfreude," ujar Van Dijk
Penelitian ini mensurvei 70 pelajar yang diberikan dua cerita mengenai murid yang pintar. Pada awalnya para pelajar tersebut nampaknya cukup baik dalam mengerjakan tes tersebut. Namun kemudian, para pelajar mulai 'kelabakan' menghadapi tes tersebut.
Para pelajar di studi ini menandai peringkat persetujuan mereka dengan lima pernyataan, yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat schadenfreude mereka.


By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar