Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Sabtu, 24 Maret 2012

Raijin dan Fuujin

 
dua dewa yang sering muncul dalam manga2 yang terkenal
mungkin udah sering di bahas
tapi mungkin ada juga yang belom tau
sedikit info tentang kedua dewa yang terkenal dan sering muncul di dalam manga



Raijin
Wonfes08 

 Raijin adalah sebutan untuk dewa petir dalam agama shinto. dari kata rai (雷)  yang berarti petir dan Shin (神) yang berarti dewa. seorang dewa dengan wajah menyeramkan membawa pemukul drum dan beberapa drum yang melingkar di belakangnya dengan lambang tomoe pada drumnya. 
 

tomoe symbol pada drum Raijin


Tomoe atau Tomoye apa ya yang bisa di bahas tentang lambang ini?
hmm 


Tomoe ini adalah simbol dari agama Buddha/Shinto.
Di Jepang sendiri tomoe adalah 'lambang' keluarga untuk mengidentifikasikan seorang individu atau anggota sebuah klan. Awalnya lambang ini punya para aristokrat, tapi kemudian dipake juga sama orang2 yang berhubungan dengan komunitas mereka. Sampe sekarang tomoe masi dipake di dekorasi, kimono, dsb... Lambang ini juga ada di Korea dan Tibet.


Tomoe artinya sirkulasi energi, merepresentasikan dorongan tenaga di alam. Tomoe, kalo diperhatikan emang mirip angka enam, tapi dalam konteks agama Buddha/Shinto, lebih dilihat sebagai api.


Tomoe adalah pola energi yang berputar di seputaran tempat dan waktu. Bentuk tomoe paling umum adalah 3 koma/nyala api, merefleksikan bumi, surga, dan manusia. Dalam praktek spiritual, penggunaannya adalah untuk 'mengundang' kekuatan yang ada di alam untuk menjadi bagian dari kesadaran diri, menimbulkan keseimbangan dan dukungan berlimpah kepada pemakainya.


Terdiri dari gabungan tiga simbol tomoe, Mitsudomoe (三つ巴) adalah simbol yang populer di Jepang. Beberapa melihat Mitsudomoe sebagai perlambangan dari tiga kesatuan (Manusia, Bumi, dan Langit) dalam agama Shinto.
Pada awalnya, lambang ini dikaitkan dengan dewa perang Hachiman Shinto, lalu diadopsi oleh samurai sebagai simbol tradisional mereka. Mitsudomoe ini telah digunakan dalam sebagai lambang puncak keluarga Jepang (Kamon) dan logo perusahaan, dan merupakan simbol tradisional Okinawa. Bendera provinsi Jeju juga memiliki Mitsudomoe di atasnya, seperti halnya bendera Kerajaan Ryukyu's. 






Fuujin
Wonfes08 
          Fuujin atau dewa angin dalam agama shinto. dari kata fuu atau kaze yang berarti angin. dia adalah salah satu dewatertua yang ada dalam ajaran shinto. yang memiliki penampilan mengerikan seperti iblis. menggunakan kulit leopard sebagai pakaiannya, dan membawa kantung angin yang ia gendong sebagai senjata nya. hampir sama kayak nenek angin di sun go kong ya? haha..


Diceritakan bahwa Fujin muncul dalam pembuatan dunia dan Fujin yang pertama kali melepaskan angin dari "kantungangin"nya ke dunia dan menghapus embun pagi dan memenuhinya diantara surga dan bumi hingga matahari terbit.. 



Menurut sebuah legenda yang berasal dari Cina Fuujin dan Raijin (Dewa petir) awalnya adalah setan yang menentang Buddha, lalu mereka tertangkap setelah bertempur melawan Pasukan Surga dan kemudian mereka menjadi Dewa. 


Ikonografi (Ilmu Arca) dari Dewa angin Fuujin sepertinya berasal dari pertukaran budaya di sepanjang Jalan Sutra, dimulai dari periode Helenistik saat Yunani menguasai sebagian besar wilayah Asia tengah dan India dimana Boreas, Dewa Angin Yunani menjadi Dewa Wardo di Greco-Buddhist art lalu meluncur ke China, Dewa angin Tarim Basin dan akhirnya sampai ke Jepang -Dewa Fuujin. Namun walau menyebar di berbagai tempat simbol dewa angin selalu menggunakan tas yang berisi angin dan tampilan yang kusut. 


sumber: Google.com

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar