Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Selasa, 29 Mei 2012

yang unik dan khasiat dalam teh teh


Minum teh itu seperti sudah  membudaya di masyarakat kita. Setiap berkunjung ke rumah orang, kita sering disuguhi secangkir teh hangat. Sepertinya teh ini juga sulit untuk dilepaskan dari masyarakat kita. Seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya teh hitam aja yang kita kenal, sudah banyak ragam jenis teh lain seperti teh hijau, peppermint, dll. Ternyata, teh yang beragam ini juga memiliki manfaat dan khasiatnya masing-masing loh Foodlovers! Mari kita lihat bersama.
Teh Hijau

Teh ini sangat populer di Cina dan Jepang karena mampu melawan kanker. Teh ini diperoleh dari pucuk daun teh segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi. Manfaat lainnya adalah untuk melangsingkan tubuh.
Teh Hitam
Teh ini mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti kadar kolesterol, hipertensi dan stroke dengan cara mengkonsumsi teh sebanyak tiga cangkir setiap hari. Kandungan yang terdapat pada teh hitam seperti flavonoid, kaempfrol dan myricetin dapat mencegah kerusakan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol.
Teh Oolong

Teh ini mampu mencegah karies atau gigi berlubang karena mengandung catechin dan senyawa antimikroba.
Teh Putih

Kandungan antioksidan paling tinggi ditemukan dalam teh putih. Teh jenis ini dibuat dari tunas tanaman teh. Manfaat teh putih mampu mencegah efek penuaan dini, karena antioksidannya yang tinggi mampu melindungi dua protein yang menjaga elastisitas kulit yakni elastin dan kolagen.
Teh Peppermint

Teh peppermint memiliki rasa yang mirip balsam mentol. Sangat bermanfaat untuk mengurangi kontraksi otot perut yang meningkat pada saat terjadi iritasi pada usus.
Semoga dengan adanya informasi ini, kita jadi lebih tau mana teh yang tepat untuk kita. :) 

berikut ini jenis-jenis teh yang unik

Cigarette Tea Bags
Teh yang dilihat seperti rokok ,tapi kalau di letak di air panas,sebenarnya teh dan rasanya seperti rokok.  


Ineeka Tea Bags
Bentuknya seperti bag tangan.Ada tempat pegang..


tPod Tea Bags
Bahagian atasnya perahu kertas


Tea Forté
Bentuknya unik , seperti piramid yang diastasnya ada daun: 

Tea Stick

  
T Bag


 Tea To Go Sticks

Maum Tea Bags

Tea Stick Stirrer

Lighting Tea Bag

Hanger Tea

Herbal Tea Bags

Origami Tea Bags

BLOOMING TEA


ada juga teh yang dapat menurunan kolesterol
namanya adalah
Teh Genmaicha (Genmaicha tea)

Teh genmaicha adalah teh yang beraroma harum dan sangat populer di Jepang. Teh ini di buat dari teh  hijau yang bercampur  butiran beras yang dipanggang sehinga menghasilkan aroma seperti nasi gosong yang gurih dan sedap saat diseduh, aromanya hampir mirip dengan aroma popcorn sedangkan warna tehnya hijau pucat cenderung bening.Teh hijau asal negeri sakura ini paling baik diminum saat siang hari.
Cara membuatnya
Panaskan air lebih dahulu, jangan sampai mendidih. Cukup sampai terlihat sedikit gelembung air muncul keatas, lalu matikan. Celupkan atau seduh tehnya selama 2-3 menit.
Maanfaatnya
Komposisi teh hijau dalam genmaicha kaya akan kandungan catechin/tannin (polifenol yang ampuh sbg antioksidan). Catechin ini terekstrak paling optimal dalam air bersuhu 75-80 derajat C.
Berikut adalah manfaat catechin:
  1. anti oksidan, menghilangkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.
  2. mengurangi kolesterol, menghambat pembentukan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  3. mengurangi lemak, baik di sistem tubuh maupun sistem pencernaan.Catechin diketahui dapat terserap aliran darah hingga mencapai sel2 hati serta meningkatkan metabolisme lemak.
  4. anti bakteri dan mensterilkan, khususnya untuk kuman dan bakteri.
  5. antivirus, berkumur dgn teh hijau jepang terbukti bisa mencegah influenza dan demam umum, serta membantu memulihkan gejala influenza dan demam pada umumnya seperti tenggorokan gatal, batuk dan penyumbatan saluran napas.
  6. mengurangi alergi, diakui catechin dapat mengurangi gejala alergi seperti gatal dan bersin2, shg dapat mengurangi alergi (alergi serbuk sari yg ada di udara, alergi yg sudah terbentuk, dan dermatitis).
  7. perawatan mulut, secangkir teh sehabis makan mencegah pertumbuhan kuman penyebab penyakit dan halitosis (bau mulut) krn catechin sbg deodoran aktif dan jg mensterilkan.
  8. mencegah cavities, catechin mencegah karang gigi makin meluas dgn menyeimbangkan enzim di area karang gigi. Dgn mengurangi asam2 berbahaya di dalam mulut yg dapat merusak lapisan gigi, catechin juga bekerja melindungi lapisan gigi.
Sedangkan kandungan gandum coklat pada genmaicha ini adalah gandum utuh yg belum dikupas, sehingga banyak nutrisi penting didalamnya yg belum hilang, seperti thiamine, niacin, fosfor, zat besi, selain kaya serat dan minyak2 yang dibutuhkan.
Gandum coklat juga mengandung sejumlah dosis vitamin B yg signifikan, yg dapat membantu melindungi dari toksin.Tambahan gandum coklat yang dipanggang ini juga membuat kondisi tubuh lebih basa.

lalu juga teh termahal didunia
Kotoran Panda Hasilkan Teh Termahal di Dunia?

Kalau kopi termahal berasal dari kotoran luwak, sedikit berbeda dengan teh yang berasal dari Cina. Teh asal provinsi Sichuan itu dihasilkan dari kotoran Panda dan memiliki harga sangat mahal dibanding semua teh di dunia.

Seorang pengusaha Cina, An Yanshi meyakini dia telah menemukan bahan utama untuk menghasilkan teh berkualitas dan termahal di dunia. Yaitu mengolah kotoran panda menjadi pupuk organik bagi tanaman teh. "Kotoran Panda kaya nutrisi karenanya akan lebih baik daripada pupuk kimia dan organik lainnya," kata An sebagaimana dilansir Emirate247.com, Selasa (10/1).

Mantan guru kaligrafi ini membeli 11 ton kotoran dari pusat penangkaran Panda. Selanjutnya kotoran itu dipakai sebagai pupuk untuk menghasilkan tanaman teh berkualitas, di pegunungan Provinsi Sichuan, barat daya Cina.

Panen pertama daun teh hasil pupuk kotoran Panda di musim semi ini, prediksi dia, akan menjadi teh termahal di dunia. Ia menmperkirakan harga teh ini mencapai 220 ribu yuan  (35 ribu dolar AS) untuk 500 gram (18 ons). An dan Penggemar teh di Cina memang mempercayai panen pertama teh di awal musim semi sebagai panenan teh terbaik dan selalu dihargai mahal hingga lebih dari 20 ribu yuan.

An meyakini, kualitas teh itu semakin bagus dengan adanya kotoran panda sebagai pupuk, yang telah dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah seminar tahun lalu. "Binatang ini mampu menyerap 30 persen dari bambu dan mengeluarkan 70 persen sisanya," ujarnya.

Karena itu, ia mengklaim bahwa Panda teh hijau miliknya akan mudah membantu menurunkan berat badan dan melindungi mereka dari radiasi. Namun tehnya telah ditertawakan oleh beberapa pengguna web Cina, yang telah menyatakan keraguan tentang manfaat kesehatan teh tersebut.
kabarnya teh ini dibandrol 150 ribu rupiah percangkirnya
sumber: google.com

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar