Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Minggu, 14 Juli 2013

Ragnarok

Soccer Ball Ragnarok Online Imagen 219522 Pic 01: Soccer Ball Ragnarok Online Imagen 219522 Pic 01
Oops... bukan kali ini ane g bakal ngebahas gamenya gan tapi tentang mitologi Ragnarok itu sendiri,
well dari pada kebanyakan basa-basi langsung aja deh, Cek this out....



Ragnarok (Takdir para dewa)

Istilah ini berarti kiamat para dewa dan juga akhir dari dunia. Ragnarok merupakan perang penentuan antara ras raksasa dan ras dewa yang telah terpupuk selama ratusan bahkan mungkin ribuan tahun. Semua kebencian yang telah ada sejak dunia pertama kali diciptakan oleh para dewa akan berakhir di sini.

Pertempuran antara para dewa yang dipimpin oleh Odin dengan para Jotun yang dipimpin oleh Loki, pertempuran terjadi di padang terbuka yang bernama VIGRID, pertempuran berakibat dalam tewasnya hampir seluruh mahluk hidup, dan terbakar habisnya yggdrasil yang mengakibatkan hancur 8 dari 9 dunia, dan hanya sedikit yang dapat selamat.

Awal Mula Ragnarok..

Sebenarnya para dewa telah mengetahui mengenai ramalan tentang ragnarok, salah satu pertanda adalah lahirnya tiga iblis terkuat sepanjang sejarah yaitu fenrir, jormungandr, dan hel. karena menurut ramalan merekalah yang akan membunuh para dewa yang tak tertandingi. oleh karena pada saat mereka masih kecil para dewa membuang mereka. fenrir dirantai dan diberangus, jormungandr di buang kedalam laut, hel dibuang ke dunia kematian (niflheim).

Pertanda yang kedua adalah kematian dari dewa Balder, dan menyebabkan Loki yang terlibat langsung dalam tragedi itu dihukum (ceritanya di bagian lain), Loki dihukum dengan di ikat di sebuah batu dalam niflheim dan menunggu di sana sampai datangnya ragnarok.

Sangkakala perang besar ini akan diawali oleh beberapa pertanda, antara lain adalah datangnya musim dingin terburuk yang pernah ada atau dikenal dengan nama FIMBULVETR, yang membawa dalam masa es dan kegelapan selama 3 tahun berturut-turut tanpa ada jeda di antaranya. Pertengkaran dan permusuhan akan terjadi di antara keluarga, dan sahabat, tidak akan ada lagi moralitas dan keadilan di masyarakat.

Lalu dari IRONWOOD, 2 ekor serigala Skoll dan Hati yang selalu mengejar bulan dan matahari akan berhasil menangkap mereka dan memakannya, dan menumpahkan darah sol dan mani ke bumi, bintang-bintang akan memghilang dari langit Dunia akan dilanda kegelapan total.
bencana selanjutnya akan menyusul yaitu Gempa bumi yang sangat besar yang menyebabkan, sang serigala raksasa FENRIR terlepas dari belenggunya, dan siap membalaskan dendam kepada para dewa yang menipunya. di lain pihak sang aktor utama loki terbebas juga. dan Garm sang anjing neraka akhirnya dilepaskan oleh hel, kejahatan dan kehancuran pun tiba ke atas bumi.


Berikutnya EGGTHER sang penjaga Jotun akan memainkan harpanya, dan Flajar Sang ayam merah akan berkokok kepada para jotun dan GULLINKAMBI akan berkokok memberitahu para dewa di asgard, dan ayam ketiga akan berkokok untuk membangun orang yang sudah mati di niflheim.

Gelombang laut datang dengan tinggi dan menghancurkan karang-karang, merupakan pertanda, Jormundgand sang Midgardsormr yang besar akan bergerak ke daratan mendengar pangilan ayahnya. Dalam usahanya mencapai daratan ini dia akan mengakibatkan beberapa bencana, di antaranya bisa racunnya yang dikeluarkan setiap hembusan napasnya akan meracuni langit dan tanah.

Dari jotunheim akan keluar kapal mengerikan Naglfar, yang terbuat dari kuku-kuku orang yang telah mati, Kapal ini dikomandoi oleh Frost giant Hymir, akan membawa para Frost giant ke medan pertempuran. 

Di bagian lain dari dalam Nifleheim sendiri akan meluncur sebuah kapal yang mengangkut semua penghuni neraka termasuk seekor anjing raksasa bermata empat dan tubuh yang berlumur darah yaitu Garm, anjing penjaga neraka. Kapal perang ini dipimpin oleh Loki yang telah bebas, bersama dengan Hel dan Nidhogg yang terbang ke arena pertempuran untuk memungut mayat. dan bersumpah untuk membalas dendam atas penderitaannya selama di niflheim. 

Dari bagian selatan Muspellheim, Surt raksasa api dan semua pengikutnya akan berangkat juga. Surt membawa pedang besarnya yang terbuat dari api dan memancarkan cahaya lebih menyilaukan dari matahari.

Di Asgard sendiri, Heimdall yang melihat semua ini akan membunyikan terompetnya GIALAR memanggil semua anak Odin dan para dewa lainnya. Dari Valhalla akan berbaris delapan ratus orang Einherjar untuk bergabung dengan para dewa. Semua makhluk hidup baik itu dwarf, elf, raksasa, manusia, dan dewa akan menuju padang Vigrid untuk menghadapi pertempuran yang akan mengakhiri segalanya.

Para dewa akan menghadapi musuh bebuyutan mereka masing-masing. Pertarungan dua makhluk terkuat ini mengingatkan kita tentang kemiripan dengan mitos Yunani, tentang perang dewa-dewa Olympus dengan kelompok raksasa Titan. Mungkin memang hanya para raksasalah yang merupakan lawan sepadan dengan dewa.


Begitu mereka semua berkumpul di padang besar Vigrid, perang langsung dimulai. Surt segera mencari Freyr yang tidak memiliki senjata, karena pedangya telah diberikan kepada istrinya GERDA. Dewa ini akan langsung terbunuh oleh serangan api, Surt. 

Sementara itu dewa perang Tyr walaupun hanya memiliki sebelah tangan, tapi dia sanggup bertarung dengan anjing neraka Garm. Tyr akan keluar sebagai pemenang dalam pertarungan ini, tapi sayangnya dia juga harus mati oleh luka-lukanya.

Thor sendiri akan mencari Jormundgand untuk menghabisinya. Duel Thor dengan Jormundgand berlangsung seru, dimana akhirnya Thor berhasil membunuh ular beracun ini. Tetapi sama dengan Tyr dia juga harus mati perlahan lahan karena bisa racun Jormundgand yang mematikan.

Loki dilain pihak akan berhadapan dengan Heimdall rival beratnya. Heimdall yang selalu menggagalkan setiap usaha Loki untuk melarikan diri dari tindak kejahatannya dahulu. Pertempuran ini adalah paling seru karena keduanya sudah saling memendam kebencian yang amat sangat. Tetapi keduanya akan sama-sama mati dalam pertarungan ini.

Pertarungan yang tidak kalah serunya terjadi antara Odin dengan serigala raksasa Fenrir. Duel di antara mereka berlangsung siang dan malam selama berhari-hari lamanya. Odin yang bersenjatakan Gungnir akan menghadapi Fenrir yang memiliki taring-taring yang tajam dan tenaga yang kuat.


Setelah beberapa hari bertarung Odin akhirnya kalah di tangan Fenrir. Serigala ini kemudian melahap tubuh Odin dengan mulutnya yang besar. Vidar, yang juga anak Odin, melihat kejadian ini. Dengan kemarahan yang membara, dia segera melompat ke arah Fenrir. Dengan hanya menggunakan kedua tangannya dia merobek-robek rahang Fenrir yang seketika membunuh makhluk ini.

Setelah perang berlangsung sekian lama, raksasa api Surt tanpa memperdulikan lawan atau kawan akan menyulut api pada pohon Yggdrasil. Dengan pedang apinya tersebut dia mulai membakar seluruh dunia menghabisi semuanya, membuat dunia ini tenggelam ke lautan. Hanya sedikit makhluk hidup dan dewa yang akan selamat.
Setelah kehancuran yang diakibatkan oleh Ragnarok, dimana api dari surt membakar habis 8 dunia (niflheim tidak terjangkau api Surt). 2 manusia muncul, pepohonan mulai tumbuh, dan dunia baru pun Tercipta.

Sebelum di makan oleh Skoll, Sol mempunyai seorang putri yang akan membawa cahaya sang matahari, dengan matahari yang baru ini, kegelapan pun sirna, membawa sebuah hari yang baru ke dunia, ladang-ladang pun ditumbuhi tanaman tanpa pernah ditebar benih.

Di antara yang selamat itu ada dua orang manusia yaitu Lif dan Lifthrasir. Menurut cerita mereka bisa selamat dari kehancuran dunia karena melarikan diri ke Hodmimir Forest. salah satu tempat yang tidak dapat dijangkau semburan pedang api milik Surt. Mereka berdua tertidur selama sisa perang Ragnarok.

Begitu terbangun mereka akan menjadi cikal bakal manusia baru di dunia ini. Dari sesuatu yang hancur selalu muncul sesuatu yang baru dan berguna. Demikian juga akhir dari Ragnarok adalah awal dari dunia yang baru. Padang-padang rumput menghijau kembali, tanah menjadi subur, sumber daya alam melimpah.

Era baru dewa-dewa dimulai di antaranya terdapat Vidar dan Vali yang berhasil selamat, negitu juga dengan Modi dan Magni yang mewarisi palu ayah mereka MJOLLNIR. Balder bangkit kembali bersama dengan Hodur dari NIflheim. Vili dan Ve, adik laki-laki dari odin mengasingkan diri ke IDAVOLL dan membangun sebuah istana disana GIMLE.

Dan di niflheim ada sebuah benteng bernama NASTROND, kuburan para mayat. semua pintunya menghadap ke utara, dindingnya terbuat dari tubuh ular, yang bisa racunnya mengalir ke sungai yang mengelilingi benteng itu, ini merupakan underworld baru yang dikuasai oleh NIDHOGG yang berhasil selamat, yang memakan mayat-mayat para pembunuh dan pencuri.

Manusia dan dewa serta makhluk hidup lainnya akan hidup harmonis dan berdampingan semua kebencian akan sirna. Mitos tentang Ragnarok biasanya hanya sampai di sini, tidak pernah diberitahukan lagi apakah ribuan tahun mendatang akan muncul kembali kejadian serupa.
sumber: http://mitologinordik.blogspot.com/ 
 

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar