Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Senin, 04 Juni 2012

Cakra?

Yang sering nonoton Anime Naruto pasti udah ngak asing sama yang namanya Cakra ini kan
tapi apa sih sebenarnya cakra itu?


Konsep tentang chakra berasal dari tradisi tantra dan yoga dari Hindu dan Budha.
Namanya berasal dari kata Sanskerta untuk "roda" atau "berputar" (Cakram चक्रं [tʃəkrə], diucapkan [tʃəkrə] dalam bahasa Hindi; Pali: Cakka चक्क, Thailand: จัก ระ, Telugu: చక్ర o, Tamil: சக்கரம், Kannada: ಚಕ್ರ , Cina: 轮, Tibet:. འཁོར་ལོ་; khorlo)



Coloured Chakras with Descriptions




Sementara saluran napas (nadi) praktek yoga sudah dibahas dalam Upanishad klasik, tidak sampai Pekerjaan Tantra, seperti Hevajra delapan abad Budha Tantra dan Caryāgiti, bahwa hirarki dari chakra diperkenalkan. Menurut pengobatan tradisional India, chakra adalah sejumlah roda seperti pusaran yang ada di permukaan tubuh halus dari makhluk hidup. Chakra dikatakan sebagai "kekuatan pusat" atau whorls energi yang merembes, dari sebuah titik pada tubuh fisik, lapisan tubuh halus yang terus meningkat berbentuk formasi seperti kipas.
Putaran pusaran materi halus, dianggap sebagai titik fokus untuk penerimaan dan penyampaian energi.


perbedaan sistem keyakinan membuat perbedaan tentang jumlah cakra,
sistem yang paling terkenal di barat memiliki tujuh cakra.


Hal ini khas untuk chakra yang akan digambarkan sebagai salah satu mirip bunga atau roda.
Dalam kasus yang pertama, "kelopak" ditampilkan di sekeliling lingkaran.
Pada yang terakhir, jari-jari membagi lingkaran menjadi segmen membuat chakra menyerupai roda (atau "chakra").
Setiap chakra memiliki sejumlah tertentu dari segmen atau kelopak. Teks yang menjelaskan chakra kembali sejauh Upanishad kemudian (Thai: อุปนิษัท ฺ ส์), misalnya Kundalini Yoga Upanishad.





Sapta Chakra, from a Yoga manuscript in Braj Bhasa language with 118 pages (1899)

Definitions


Meskipun penafsiran tentang cakra sendiri bermacam macam namun secara garis besar dapat di tarik kesimpulan umum seperti

  1. Mereka berasal dari bagian energi halus tubuh, bersama dengan saluran energi, atau nadi (Thai: นา ฑี ส์), dan angin halus, atau Pranas (Thai: ปราณ ส์).
  2. Mereka berada di sepanjang nadi pusat, Sushumna (Thai: สุ ษุ ม ฺ นา), yang berjalan juga di samping atau di dalam tulang belakang.
  3. Dua nadi lain, Ida (Thai: อิ ทะ) dan pingala (Thai: ปิ ง ฺ ค ละ), juga dijalankan melalui chakra, dan bersama Sushumna. Mereka kadang-kadang melintasi Sushumna di lokasi chakra.
  4. Mereka memiliki sejumlah 'kelopak' atau 'jari'. Dalam beberapa tradisi, seperti Tibet, ini jari-jari bercabang ke ribuan nadi yang berjalan di seluruh tubuh manusia.
  5. Mereka umumnya terkait dengan sebuah mantra benih-suku kata, dan sering kali dengan berbagai macam warna dan dewa.
Paramhans Swami Maheshwarananda menggambarkan cakra sebagai: 

kelompok besar dalam cara menghasilkan dan menyimpan energi, dengan energi dari alam semesta ditarik lebih kuat di titik-titik ini. Para nadi utama, Ida, dan pingala Shushumna (simpatik, parasimpatis, dan pusat sistem saraf) berjalan di sepanjang tulang belakang dalam jalur melengkung dan menyeberang satu sama lain beberapa kali. Pada titik persimpangan mereka membentuk pusat-pusat energi yang kuat dikenal sebagai chakra. Dalam tubuh manusia ada tiga jenis pusat energi. Cakra-cakra yang lebih rendah atau hewan yang terletak di daerah antara jari kaki dan daerah pinggul yang menunjukkan asal-usul evolusi kita dalam kerajaan hewan. Chakra manusia terletak di sepanjang tulang belakang. Akhirnya, lebih tinggi atau Cakra ilahi ditemukan antara bagian atas tulang belakang dan mahkota kepala.

Anodea Judith (1996: p. 5) memberikan interpretasi modern dari chakra: 

Chakra A dipercaya sebagai pusat kegiatan yang menerima, asimilat, dan mengekspresikan energi kekuatan hidup. Chakra kata secara harfiah diterjemahkan sebagai roda atau disk dan mengacu pada lingkup berputar aktivitas bioenergi yang berasal dari ganglia saraf utama bercabang maju dari tulang belakang. Umumnya, enam roda ini dijelaskan, ditumpuk dalam kolom energi yang membentang dari dasar tulang belakang ke tengah dahi, ketujuh berbaring di luar dunia fisik. Ini adalah enam chakra utama yang berhubungan dengan negara dasar kesadaran ...

Susan Shumsky (. 2003, hal 24) menyatakan ide yang sama: 

Setiap chakra dalam kolom tulang belakang Anda diyakini mempengaruhi atau bahkan mengatur fungsi tubuh dekat wilayahnya tulang belakang. Karena otopsi tidak mengungkapkan chakra, kebanyakan orang berpikir mereka adalah mewah imajinasi subur. Namun keberadaan mereka didokumentasikan dengan baik dalam tradisi Timur Jauh ...


Cakra digambarkan sebagai pusat energi di sepanjang tulang belakang terletak di cabang-cabang utama dari sistem saraf manusia, dimulai dari dasar kolom tulang belakang dan bergerak ke atas ke bagian atas tengkorak, melalui mana, orang percaya menegaskan, lulus 3 saluran energi utama, Sushumna , Ida dan pingala. Cakra dianggap menjadi titik atau perhubungan energi biofisik atau prana dari tubuh manusia. Shumsky menegaskan bahwa "prana adalah komponen dasar tubuh halus Anda, bidang energi, dan sistem chakra seluruh ... kunci kehidupan dan sumber energi di alam semesta." Tujuh berikut chakra utama biasanya dijelaskan:



Muladhara
Muladhara (Sansekerta: मूलाधार, Mūlādhāra, Thailand: มูลา ธา ระ) Base atau Root Chakra (tulang terakhir di tulang belakang, tulang ekor) 



Swadhisthana
Swadhisthana (Sansekerta: स्वाधिष्ठान, Svādhiṣṭhāna, Thailand: ส ฺ วา ธิ ษ ฺ ฐานะ) sacral chakra (ovarium / prostat) 



Manipura
Manipura (Sansekerta: मणिपूर, Manipura, Thailand: มณี ปูระ) Solar Plexus Chakra (daerah pusar) 



Anahata
Anahata (Sansekerta: अनाहत, Anahata, Thai: อ นา หะ ตะ) Heart Chakra (daerah jantung) 



Vishuddha
Vishuddha (Sansekerta: विशुद्ध, Viśuddha, Thailand: วิ ศุ ท ฺ ธะ) Tenggorokan Chakra (tenggorokan dan leher) 



Ajna
Ajna (Sansekerta: आज्ञा, ajna, Thailand: อา ช ฺ ญา) Alis atau Cakra Mata Ketiga (kelenjar pineal atau mata ketiga) 



Sahasrara
Sahasrara (Sansekerta: सहस्रार, Sahasrāra, Thailand: สหัส ฺ รา ระ) Crown Chakra (atas kepala; 'titik lemah' bayi yang baru lahir)

di samping itu, sejumlah chakra lainnya dipostulasikan. BKS Iyengar menyatakan bahwa antara pusar dan jantung adalah Manas (pikiran) dan (matahari) Surya chakra, dan bahwa di bagian atas dahi adalah chakra Lalata.
Tradisi Tibet tantra memiliki Roda Api antara jantung dan tenggorokan, Roda Angin di dahi, dan di bawah pusar, bukan Swadhisthana dan Muladhara, mereka memiliki tiga chakra; Roda Secret Place terletak empat jari di bawah pusar, roda Jewel terletak pada organ seksual, dan sangat ujung organ seksual adalah chakra yang terakhir, di mana ujung saluran pusat. 

Tradisi-tradisi lain, seperti sekolah Bihar yoga, tambahkan chakra Bindu, yang ada di bagian belakang kepala, dan adalah tempat nektar ilahi atau Amrit disimpan, tempat Lalata chakra di langit-langit mulut, dan tempat Hrit chakra bawah hati. Banyak tradisi menempatkan sejumlah chakra lebih tinggi dalam kepala, yang dari terendah hingga tertinggi adalah: golata, Talu / Talana / lalana, ajna, talata / lalata, manas, soma, sahasrara (dan sri di dalamnya).

Models

Studi tentang chakra adalah bagian dari tradisi filosofis dan rohani, serta banyak terapi dan 
disiplin.
Dalam tradisi timur, teori chakra adalah bagian sentral dari Hindu dan Buddha Tantra, dan mereka memainkan peran penting dalam mencapai level realisasi. 

Yoga, Pranayama, Akupunktur, Shiatsu, T'ai chi dan Chikung fokus pada keseimbangan nadi energik atau meridian energi yang merupakan bagian integral dari sistem chakra. Di Barat, energi halus dari chakra dieksplorasi melalui praktek-praktek seperti aromaterapi, mantra, Reiki, tangan-pada penyembuhan, bunga esensi, elektronik radio, suara terapi, warna / terapi cahaya, dan kristal / terapi permata.

Hindu Tantra

Thousand Petalled Crown Chakra, Two Petalled Brow Chakra, Sixteen Petalled Throat Chakra (Nepal, 17th Century)

Dalam agama Hindu, konsep chakra adalah bagian dari kompleks ide-ide yang berkaitan dengan anatomi esoteris.

Ide-ide ini paling sering terjadi di kelas teks yang disebut Āgamas atau Tantra.
Ini adalah tubuh besar kitab suci, sebagian besar yang ditolak oleh kaum tradisionalis.

Chakra dijelaskan dalam teks-teks tantra yang Sat-Cakra-Nirupana, dan Padaka-Pancaka, di mana mereka digambarkan sebagai emanasi dari kesadaran Brahman, 
energi yang berasal dari rohani yang secara bertahap berubah konkret, menciptakan tingkat ini berbeda dari chakra , dan yang akhirnya menemukan istirahat di cakra Muladhara.

Karena itu mereka bagian dari teori emanationist, seperti yang dari Kabbalah di barat, Lataif-e-Sitta dalam tasawuf atau Neo-Platonisme.

Energi yang dilepaskan dalam penciptaan, yang disebut Kundalini, 
terletak melingkar dan tidur di dasar tulang belakang. 

Ini adalah tujuan dari bentuk tantra atau kundalini yoga untuk membangkitkan energi ini, dan menyebabkan ia naik kembali melalui chakra semakin halus, sampai penyatuan dengan Tuhan dicapai di chakra Sahasrara di puncak kepala. 

Ada banyak variasi pada konsep-konsep ini dalam teks-teks sumber Sanskerta. 
Dalam teks sebelumnya ada berbagai sistem chakra dan nadi, dengan berbagai koneksi di antara mereka. 
Berbagai tradisional sumber daftar 5, 6, 7, 8 atau bahkan 12 chakra. 
Seiring waktu, satu sistem dari 6 atau 7 chakra sepanjang sumbu tubuh menjadi model yang dominan, yang diadopsi oleh sebagian besar sekolah yoga. 

Sistem tertentu mungkin berasal dari sekitar abad ke-11, dan dengan cepat menjadi sangat populer. Peran sentral dari cakra dalam model ini adalah pengibaran Kundalini, di mana ia menembus berbagai pusat, menyebabkan berbagai tingkat realisasi dan mengakibatkan obtention dari berbagai siddhi atau kekuatan gaib, sampai mencapai puncak kepala, sehingga serikat dengan Ilahi. 

Metode tentang cara meningkatkan kundalini umumnya rahasia, tetapi sejumlah metode telah diterbitkan, misalnya sekolah Bihar yoga dimulai dengan sejumlah praktek persiapan seperti asana dan pranayama untuk memurnikan nadi, dan kemudian sejumlah praktik dan khusus untuk setiap chakra meditasi, dan akhirnya pengangkatan kundalini melalui kriyas khusus, yang berhenti dalam visi diri sebab akibat seseorang.



Vajrayana (Buddhist Tantra)


Teori Tibet chakra memainkan peran penting dalam semua Tantra Yoga tertinggi. 
Mereka memainkan peran penting dalam semua praktik Penyelesaian tahap (sebagai lawan dari praktek tahap Generasi), dimana dilakukan usaha untuk membawa semua angin halus dari tubuh ke saluran pusat, untuk mewujudkan cahaya yang jelas tentang kebahagiaan dan kekosongan, dan untuk mencapai 'tubuh ilusi' suatu keilahian. 

Tibet menyatakan bahwa sistem saluran pusat dimulai pada titik mata ketiga, kurva sampai dengan mahkota kepala, dan kemudian pergi lurus ke bawah tubuh ke ujung organ seksual. Dua saluran sisi sejajar dengan, dan tanpa ruang di antara, saluran pusat, tetapi mereka mulai pada dua lubang hidung: saluran bulan berakhir pada organ seksual, dan saluran matahari di anus. 
Sepanjang saluran sentral diposisikan 10 chakra, yang biasanya empat atau lima yang diuraikan sebagai hal yang penting. Mereka berada di posisi sebagai berikut:

  1. Roda mahkota di atas kepala 
  2. Roda angin di dahi 
  3. Mata ke tiga antara kedua alis 
  4. Roda tenggorokan 
  5. Roda api antara tenggorokan dan jantung 
  6. Roda jantung 
  7. Roda pusar 
  8. Tempat rahasia, empat jari di bawah pusar 
  9. Roda permata pada organ seksual, mendekati akhir 
  10. Ujung organ seksual

Saluran berjalan paralel melalui mereka, tetapi pada, jantung tenggorokan pusar, dan mahkota dua saluran samping memutar di sekitar saluran pusat. 
Pada tenggorokan, pusar dan mahkota, ada simpul ganda disebabkan oleh masing-masing saluran sisi memutar sekali sekitar saluran pusat. 
Pada roda jantung ada simpul enam kali lipat, di mana setiap sisi saluran berputar sekitar tiga kali. 
Bagian penting dari praktek penyelesaian tahap melibatkan melonggarkan dan kehancuran ini knot.

Dalam chakra ada yang 'tetes halus'. Penurunan putih ada di mahkota, penurunan merah ada di pusar, dan pada jantung ada drop merah dan putih tidak bisa dihancurkan, yang meninggalkan tubuh pada saat kematian. 
Selain itu, chakra masing-masing memiliki sejumlah 'jari' atau 'kelopak', yang bercabang ke ribuan saluran halus berjalan ke setiap bagian tubuh, dan masing-masing berisi suku kata Sansekerta.

Dengan memvisualisasikan sebuah chakra tertentu, angin halus (yang mengikuti pikiran), masuk ke saluran pusat. Chakra di mana mereka memasuki penting dalam rangka mewujudkan praktik tertentu, misalnya, bermeditasi pada suku kata 'Ah' di cakra pusar adalah penting untuk praktek Tummo, atau api dalam, dasar enam yoga dari Naropa. 

Bermeditasi pada 'Hum' di cakra jantung adalah penting untuk mewujudkan Terang Batal kebahagiaan dan kekosongan. Meditasi pada chakra tenggorokan penting untuk bermimpi dan praktek yoga mimpi. Dan bermeditasi pada cakra mahkota penting untuk proyeksi kesadaran, baik ke dunia lain, atau ke dalam tubuh lain.

Secara umum, tantra lebih tinggi, dimulai dengan tantra Guhyasamaja, sangat seragam dalam paparan mereka tentang, saluran chakra dan tetes. Para Tantra Kalachakra memiliki sistem yang sedikit berbeda, yang berkaitan chakra dengan astrologi.Sebuah hasil dari ketidakseimbangan energik antara chakra adalah perasaan yang hampir terus menerus ketidakpuasan. Jika chakra jantung gelisah, orang kehilangan kontak dengan perasaan dan sensasi, dan melahirkan rasa ketidakpuasan. 
Yang mengarah ke luar untuk mencari pemenuhan.Ketika orang tinggal di kepala mereka, perasaan sekunder, mereka adalah interpretasi citra mental yang makan kembali ke individu. Ketika kesadaran difokuskan pada kenangan tentang pengalaman masa lalu dan verbalisations mental, aliran energi untuk meningkat kepala chakra dan aliran energi ke jantung berkurang chakra. 
Tanpa memelihara perasaan hati bentuk halus dari kecemasan muncul yang mengakibatkan diri menjangkau untuk pengalaman.Jika chakra tenggorokan mengendap dan energi didistribusikan secara merata antara kepala dan chakra jantung, seseorang dapat benar-benar menghubungi indera seseorang dan menyentuh perasaan nyata.


Bön


Chakra, prana sebagai pusat tubuh menurut tradisi Bönpo Himalaya, mempengaruhi kualitas pengalaman, karena pergerakan prana tidak terlepas dari pengalaman. Masing-masing dari enam chakra utama terkait dengan kualitas pengalaman dari salah satu dari enam alam kehidupan. 

Seorang guru modern, Tenzin Wangyal Rinpoche, menggunakan analogi komputer: chakra utama adalah seperti hard drive. Setiap hard drive memiliki banyak file. Salah satu file selalu terbuka dalam setiap chakra, tidak peduli bagaimana "tertutup" bahwa chakra tertentu mungkin. 
Apa yang ditampilkan oleh pengalaman berkas bentuk. Praktek-praktek paru tsa seperti yang terkandung dalam garis keturunan Khor Trul saluran terbuka sehingga paru-paru (paru-paru adalah istilah Tibet serumpun dengan prana atau qi) dapat bergerak tanpa obstruksi. 
Yoga membuka chakra dan membangkitkan kualitas positif yang terkait dengan chakra tertentu. Dalam analogi hard drive, layar akan dihapus dan file yang dipanggil yang berisi positif, kualitas mendukung. Sebuah suku kata benih (bija Sansekerta) digunakan baik sebagai kata sandi yang membangkitkan kualitas positif dan baju besi yang menopang kualitas.

Tantra praktek dikatakan akhirnya mengubah pengalaman semua ke dalam kebahagiaan. Praktek ini bertujuan untuk membebaskan dari pengkondisian negatif dan menyebabkan kontrol atas persepsi dan kognisi. 
Tenzin Wangyal Rinpoche mengajarkan versi dari Enam Lokas sadhana yang bekerja dengan sistem chakra.


Western models and interpretations


Dalam budaya Barat, sebuah konsep mirip dengan prana dapat ditelusuri kembali sampai abad ke-18 itu Franz Anton Mesmer, yang digunakan "magnetisme binatang" untuk menyembuhkan penyakit. Namun itu hanya pada tahun 1927 bahwa teori Shakta dari tujuh cakra utama, yang telah menjadi paling populer di Barat, diperkenalkan, terutama melalui terjemahan teks-teks India dua yaitu Sat-Cakra-Nirupana, dan Padaka-Pancaka, dengan Sir John Woodroffe, alias Arthur Avalon, dalam sebuah buku berjudul The Serpent Power. 
buku ini sangat rinci dan kompleks, dan kemudian ide tersebut dikembangkan ke tampilan Barat dominan chakra oleh CW Leadbeater dalam bukunya The Cakras. Banyak pandangan yang mengarahkan pemahaman Leadbeater dari chakra dipengaruhi oleh penulis theosophist sebelumnya, khususnya Johann Georg Gichtel, seorang murid Jakob Böhme, dan bukunya Theosophia Practica (1696), di mana Gitchtel langsung mengacu ke pusat-pusat kekuatan batin, konsep mengingatkan pada chakra.


Recent Western traditions associate

Karena kesamaan antara filsafat Cina dan India, gagasan chakra dengan cepat dicampur ke dalam praktek Cina seperti akupuntur dan keyakinan ki
Konvergensi kedua tradisi penyembuhan yang berbeda dan cipta sendiri praktisi umum mereka telah menyebabkan sebuah array yang selalu berubah dan berkembang dari konsep-konsep dalam dunia barat. 
Menurut medis intuitif dan penulis, Myss Caroline, yang menggambarkan cakra dalam Anatomi pekerjaannya Roh (1996), "Setiap pikiran dan pengalaman yang pernah Anda miliki dalam hidup Anda akan disaring melalui database ini chakra. Setiap peristiwa dicatat ke dalam sel ... ", pada dasarnya biografi Anda menjadi biologi Anda. 

Chakra digambarkan Sebagai yang sejajar dalam kolom menaik dari pangkal tulang belakang ke puncak kepala. Praktek New Age sering mengasosiasikan chakra masing-masing dengan warna tertentu. Dalam berbagai tradisi chakra berhubungan dengan fungsi fisiologis ganda, suatu aspek kesadaran, elemen klasik, dan karakteristik pembeda lainnya. Mereka divisualisasikan sebagai bunga lotus / bunga dengan nomor yang berbeda dari kelopak dalam setiap chakra.

File:ChakraDiag.jpg

Chakra diperkirakan vitalise tubuh fisik dan diasosiasikan dengan interaksi yang bersifat fisik, emosional dan mental. Mereka dianggap lokus energi kehidupan atau prana, juga disebut shakti, qi (Cina; ki dalam bahasa Jepang), koach-ha-guf (Ibrani), bios (Yunani) & eter (Yunani, Inggris), yang diduga mengalir di antara mereka di sepanjang jalur yang disebut nadi. 

Fungsi dari chakra adalah berputar dan menarik energi ini untuk menjaga kesehatan rohani, mental, emosional dan fisik dari tubuh seimbang. 
Mereka dikatakan oleh beberapa orang untuk mencerminkan bagaimana kesadaran kesatuan kemanusiaan (manusia abadi atau jiwa), dibagi untuk mengelola berbagai aspek kehidupan duniawi (tubuh / naluri / penting energi / emosi yang lebih dalam / komunikasi / memiliki gambaran kehidupan / contact kepada Allah). 

Chakra ditempatkan pada tingkat yang berbeda dari kehalusan spiritual, dengan Sahasrara di bagian atas yang bersangkutan dengan kesadaran murni, dan Muladhara di bagian bawah yang berkaitan dengan materi, yang dipandang hanya sebagai kental, atau kesadaran kotor.

Dalam bukunya tentang Japa Yoga, Himalaya Pers 1978, Swami Sivananda menyatakan bahwa seorang yogi bahwa praktek Japa hanya dengan Om dan sukses Mahasamyama {kesatuan dengan objek ... dalam hal ini Word sedang merenungkan} menjadi murid langsung itu, OM, yang paling Kudus dari semua kata / suku kata {sama dengan firman penciptaan seperti yang diakui oleh Taurat, meskipun hal ini tidak mengaku atau mungkin bahkan tidak diakui oleh mereka dari otoritas sekuler baik dalam Yudaisme atau Kristen} demikian yogi mencapai prestasi ini perlu Guru tidak atau Sabtu-guru * untuk mencapai tujuan apa pun Spiritual dan {* arketipe / Ascended Master yaitu A Krishna, seorang Rama, seorang Yesus, Nanak seorang Buddha .. dkk.} 

Swami Sivananda menyebutkan bahwa ini yogi memiliki jalur yaitu, dalam segala cara dikenali dan tata krama, reverse yang dari Yogi lain atau aspiran Spiritual dan jalan mereka dan mereka mencakup semua pertapa Kristen, dalam hal ini calon rohani kemudian bekerja melalui chakra, menguasai mereka dari mahkota ke bawah .Sedangkan setiap jalan terkenal lainnya dan semua agama utama 
Mulai dengan mencoba untuk menguasai chakra dimulai dengan 'cakra Svadhisthana' {Sex}, Yogi ini tidak diharapkan untuk meninggalkan seks atau makanan tertentu, dan berdasarkan ini mereka tidak perlu untuk menghapus diri dari dunia godaan dan menjadi bhikkhu atau petapa. Mereka bisa tinggal di dunia manusia dan hidup apa yang tampaknya hidup normal yang mengamati kebiasaan apa pun lokal {s} mungkin ada. 

Trevor Ravenscroft juga menyebutkan tujuan spiritual dan pencapaian dalam bukunya, "Piala Of Destiny", dan mengatakan bahwa praktek-praktek dan prestasi yang dikenal dan yang paling sangat dihargai dan diinginkan oleh Knights Templar tua.]
Penulis New Age, seperti Anodea Judith di Roda bukunya Kehidupan, telah menulis tentang chakra dengan sangat rinci, termasuk alasan untuk penampilan dan fungsinya.

Lain interpretasi dari tujuh cakra disajikan oleh penulis dan artis Zachary Selig. Dalam buku Kebangkitan Kundalini, sebuah Panduan Lembut untuk Aktivasi Chakra dan Pertumbuhan Spiritual, ia menyajikan sebuah naskah kuno yang unik berjudul "Relaxatia", sebuah paradigma Kundalini surya yang merupakan naskah kuno dari sistem chakra manusia dan spektrum cahaya matahari, yang dirancang untuk mengaktifkan Kundalini melalui kode warna nya lukisan chakra.

Model sistem chakra Beberapa menggambarkan satu atau lebih chakra Transpersonal di atas chakra mahkota, dan bintang chakra bumi di bawah kaki. Ada juga dianggap banyak chakra minor, misalnya antara chakra utama. Cakra juga digunakan dalam pemrograman neurolinguistik untuk menghubungkan tingkat NLP logis dengan tujuan rohani pada mahkota, intelektual di dahi dan sebagainya.

Rudolf Steiner


Rudolf Steiner menganggap sistem chakra menjadi dinamis dan berkembang. Dia menyarankan bahwa sistem ini telah menjadi berbeda untuk orang modern dari pada di zaman kuno, dan pada gilirannya akan secara radikal berbeda di masa mendatang. 

Steiner menggambarkan urutan pengembangan yang dimulai dengan chakra atas dan bergerak ke bawah, bukan dari bergerak ke arah yang berlawanan. Dia memberi saran tentang bagaimana mengembangkan chakra melalui mendisiplinkan pikiran, perasaan, dan kehendak

Menurut Florin Lowndes, sebuah 'mahasiswa spiritual "dapat lebih mengembangkan dan memperdalam atau meningkatkan kesadaran berpikir ketika mengambil langkah dari' jalur kuno 'dari sekolah ke' jalan baru 'yang diwakili oleh Filosofi Kebebasan.


7 Chakras

Endocrine System (sistem endokrin)
Pentingnya dasar dan tingkat keberadaan chakra ini mengemukakan berada dalam jiwa. Namun, ada mereka yang percaya bahwa chakra memiliki manifestasi fisik serta.
Penulis Gary Osborn, misalnya, menggambarkan cakra sebagai mitra metafisik ke kelenjar endokrin, sementara Anodea Judith mencatat kesamaan yang jelas antara posisi dua dan peran dijelaskan untuk setiap. 

Stephen Sturgess juga link chakra enam lebih rendah untuk pleksus saraf tertentu di sepanjang sumsum tulang belakang serta kelenjar. CW Leadbeater terkait chakra Anja dengan kelenjar pineal, yang merupakan bagian dari sistem endokrin. Edgar Cayce mengatakan bahwa ketujuh jemaat Kitab Wahyu adalah kelenjar endokrin. 
Namun, asosiasi ini belum pernah diverifikasi secara ilmiah.

Spectrum of light (Spektrum cahaya)
Sebuah perkembangan dalam praktek Barat dating kembali ke 1940-an adalah untuk mengasosiasikan masing-masing dari tujuh chakra ke warna tertentu dan kristal yang sesuai. 
Sebagai contoh, cakra di dahi dikaitkan dengan warna ungu, jadi untuk mencoba dan menyembuhkan sakit kepala seseorang mungkin menerapkan batu ungu dahi.
Ide ini telah terbukti sangat populer dan telah diintegrasikan oleh semua tetapi beberapa praktisi. 
Mercier memperkenalkan hubungan energi warna pada ilmu spektrum cahaya:

 "Sebagai manusia, kita ada dalam Oktaf 49 Getaran dari spektrum cahaya elektromagnetik bawah kisaran ini panas radiasi hampir tidak terlihat, maka tak terlihat inframerah, televisi dan gelombang radio, suara dan gelombang otak;. Di atasnya hampir tidak ultraviolet terlihat, maka tak terlihat frekuensi bahan kimia dan minyak wangi, diikuti oleh sinar-x, sinar gamma, sinar radium dan tidak tahu sinar kosmik.

Memahami keberadaan dan bentuk fisik sebagai interpretasi dari energi cahaya melalui mata fisik akan membuka potensi yang lebih besar untuk mengeksplorasi batas-batas energik warna, bentuk dan cahaya yang diterima sebagai realitas langsung. India Yoga ajaran menetapkan ke tujuh cakra utama kualitas tertentu, seperti warna pengaruh (dari 7 sinar cahaya spektrum), unsur-unsur (seperti tanah, udara, air & eter), rasa tubuh (seperti sentuhan, rasa, dan bau), dan hubungannya dengan kelenjar endokrin.


Description

ujuh cakra secara khusus dijelaskan dalam tradisi Tantra Shakta yang dibawa ke Barat. Di bawah ini adalah deskripsi dari masing-masing, dengan asosiasi Timur dan Barat.


Tantric chakras
Sahasrara
Ajna
Vishuddha
Anahata
Manipura
Swadhisthana
Muladhara

Bindu
Chakra07.gif

Sahasrara: The Crown Chakra

Sahasrara, yang berarti 1000 teratai petalled, umumnya dianggap sebagai chakra kesadaran murni, di mana tak ada objek atau subjek. 
Ketika kundalini perempuan Shakti energi meningkat ke titik ini, bersatu dengan energi Siwa laki-laki, dan keadaan samadhi membebaskan tercapai. Dilambangkan oleh bunga teratai dengan seribu multi-warna kelopak, terletak baik di puncak kepala, atau di atas mahkota kepala. 
Sahasrara diwakili oleh warna putih dan ini melibatkan isu-isu seperti kearifan batin dan kematian tubuh. 
Perannya dapat dibayangkan agak sama dengan yang ada pada kelenjar hipofisis, yang mengeluarkan hormon untuk berkomunikasi ke seluruh sistem endokrin dan juga menghubungkan ke sistem saraf pusat melalui hipotalamus. 

Menurut penulis Gary Osborn, thalamus diperkirakan memiliki peran penting dalam dasar fisik kesadaran dan merupakan 'Pengantin Chamber' yang disebutkan dalam tulisan suci Gnostik. Sahasrara itu aspek penawaran batin dengan pelepasan karma, tindakan fisik dengan meditasi, tindakan mental dengan kesadaran universal dan kesatuan, dan tindakan emosional dengan "beingness". 

Dalam Buddhisme Tibet, titik di puncak kepala diwakili oleh lingkaran putih, dengan 32 kelopak menunjuk ke bawah. Ini adalah kepentingan utama dalam kinerja phowa, atau kesadaran proyeksi setelah kematian, untuk memperoleh kelahiran kembali dalam Tanah Murni. Dalam chakra ini terkandung drop Putih, atau Bodhicitta, yang merupakan esensi dari energi maskulin.

Chakra06.gif

Ajna: The Brow Chakra

Ajna dilambangkan oleh bunga teratai dengan dua kelopak, dan sesuai dengan warna ungu, nila atau biru tua. 
Hal ini pada titik ini bahwa kedua sisi nadi Ida dan pingala dikatakan untuk mengakhiri dan bergabung dengan pusat saluran Sushumna, menandakan akhir dari dualitas. Suku kata benih untuk chakra ini adalah OM suku kata, dan ketua para dewa adalah Ardhanarishvara, yang adalah seorang laki-laki setengah, setengah Siwa perempuan / Shakti. 
Dewi Shakti dari Ajna disebut Hakini. Ajna (bersama dengan Bindu), dikenal sebagai chakra mata ketiga dan terkait dengan kelenjar pineal yang dapat menginformasikan model membayangkan nya. 
Kelenjar pineal adalah kelenjar peka cahaya yang menghasilkan hormon melatonin yang mengatur tidur dan bangun tidur. 
Isu-isu kunci ajna yang melibatkan menyeimbangkan diri yang lebih tinggi dan lebih rendah dan bimbingan batin saling percaya. 
Aspek batin Ajna yang berhubungan dengan akses intuisi. 
Secara mental, Ajna berhubungan dengan kesadaran visual. Secara emosional, Ajna berhubungan dengan kejelasan pada tingkat intuitif (Catatan:. Beberapa [siapa] Percaya bahwa kelenjar pineal dan pituitari harus dipertukarkan dalam hubungannya dengan Crown dan chakra Brow, berdasarkan uraian dalam buku Arthur Avalon di kundalini yang disebut Serpent Power atau penelitian empiris.) 
Dalam Buddhisme Tibet, hal ini sebenarnya adalah ujung dari saluran pusat, karena saluran pusat bangkit dari organ seksual ke puncak kepala, dan kemudian kurva di atas kepala dan turun ke mata ketiga. Sementara saluran pusat selesai di sini, dua saluran samping terus ke dua lubang hidung.

Chakra05.gif

Vishuddha: The Throat Chakra

Vishuddha (juga Vishuddhi) digambarkan sebagai sabit perak dalam lingkaran putih, dengan 16 biru muda atau pucat, atau kelopak pirus. 
Mantra biji Ham, dan dewa yang tinggal adalah Panchavaktra shiva, dengan 5 kepala dan 4 lengan, dan Shakti adalah Shakini. 
Vishuddha dapat dipahami sebagai berkaitan dengan komunikasi dan pertumbuhan melalui ekspresi. Cakra ini sejajar dengan tiroid, kelenjar yang juga di tenggorokan dan yang memproduksi hormon tiroid, bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan pematangan. Secara fisik, Vishuddha mengatur komunikasi, emosi itu mengatur kemerdekaan, mental itu mengatur pemikiran lancar, dan spiritual, itu mengatur rasa aman. 
Dalam Buddhisme Tibet, chakra ini merah, dengan 16 ke atas kelopak menunjuk. 
Hal ini memainkan peran penting dalam Yoga Mimpi, seni bermimpi.

Chakra04.gif

Anahata: The Heart Chakra

Anahata, atau Anahata-puri, atau padma-Sundara dilambangkan oleh bunga melingkar dengan dua belas kelopak hijau. (Lihat juga heartmind.) 
Dalam merupakan yantra dari dua segitiga berpotongan, membentuk sebuah heksagram, melambangkan persatuan dari pria dan wanita. Mantra benih Yam, ketua para dewa adalah Ishana Rudra Siwa, dan Shakti adalah Kakini. 
Anahata berhubungan dengan timus, yang terletak di dada. Timus merupakan elemen dari sistem kekebalan tubuh serta menjadi bagian dari sistem endokrin. 
Ini adalah tempat pematangan sel T yang bertanggung jawab untuk menangkis penyakit dan dapat terpengaruh oleh stres. 
Anahata berhubungan dengan warna hijau atau merah muda. Masalah-masalah utama yang melibatkan Anahata melibatkan emosi yang kompleks, kasih sayang, kelembutan, cinta tanpa syarat, keseimbangan, penolakan, dan kesejahteraan. Secara fisik Anahata sirkulasi mengatur, mengatur emosional itu cinta tanpa syarat untuk diri dan orang lain, mental itu mengatur gairah, dan spiritual itu mengatur pengabdian. 
Dalam Buddhisme Tibet, pusat ini sangat penting, karena menjadi rumah dari drop merah / putih bisa dihancurkan, yang membawa kesadaran kita untuk kehidupan kita selanjutnya. Hal ini dijelaskan sebagai putih, lingkaran, dengan delapan kelopak menunjuk ke bawah, dan bagian dalam biji Hum suku kata. 
Selama pembacaan mantra di tantra yang lebih rendah, api yang terbayang di dalam hati, dari mana mantra cincin keluar. Dalam tantra yang lebih tinggi, chakra ini sangat penting untuk mewujudkan Cahaya yang cerah.

Chakra03.gif

Manipura: The Solar Plexus Chakra

Manipura atau manipuraka dilambangkan dengan segitiga menunjuk ke bawah dengan sepuluh kelopak, bersama dengan warna kuning. 
Suku kata biji Ram, dan ketua para dewa adalah Braddha Rudra, dengan Lakini sebagai Shakti itu. Manipura berkaitan dengan metabolisme dan sistem pencernaan. Manipura diyakini sesuai dengan pulau Langerhans, yang merupakan grup dari sel-sel di pankreas, serta kelenjar adrenalin luar dan korteks adrenal. Ini memainkan peran berharga dalam pencernaan, konversi bahan makanan menjadi energi bagi tubuh. Warna yang sesuai dengan manipura berwarna kuning. Masalah-masalah utama diatur oleh Manipura adalah masalah kekuatan pribadi, ketakutan, kecemasan, pendapat-formasi, introversi, dan transisi dari emosi sederhana atau dasar untuk kompleks. Secara fisik, manipura pencernaan mengatur, mental itu mengatur kekuatan pribadi, emosional itu mengatur ekspansif, dan spiritual, segala hal pertumbuhan [34]. Dalam Buddhisme Tibet, roda ini sebagai sebuah segitiga dengan 64 kelopak mengarah ke atas. Ini adalah rumah dari drop Merah, atau merah bodhicitta, yang merupakan esensi energi feminin (yang bertentangan dengan sistem Shakta, di mana energi kundalini berada di Muladhara). Ini berisi suku kata benih pendek Ah, yang sangat penting utama dalam meditasi batin, api Tummo yang merupakan sistem dimana energi merah turun dinaikkan ke energi putih yang turun di mahkota.

Chakra02.gif

Swadhisthana: The Sacral Chakra

wadhisthana, Svadisthana atau adhishthana dilambangkan oleh bunga teratai putih di mana adalah bulan sabit, dengan enam Vermillion, atau kelopak oranye. Mantra benih MVA, dan ketua para dewa adalah Brahma, dengan Shakti menjadi Rakini (atau Chakini). Binatang yang terkait adalah buaya dari Varuna. Chakra sakralis terletak di sakrum (maka nama) dan dianggap sesuai dengan testis atau ovarium yang menghasilkan hormon seks yang terlibat dalam siklus reproduksi. Swadisthana juga dianggap berkaitan dengan, lebih umum, sistem genitourinary dan adrenal. Isu-isu kunci yang melibatkan Swadisthana adalah hubungan, kekerasan, kecanduan, kebutuhan emosi dasar, dan kesenangan. Secara fisik, Swadisthana reproduksi mengatur, mental itu mengatur kreativitas, emosional itu mengatur sukacita, dan rohani itu mengatur antusiasme. Dalam Buddhisme Tibet, ini dikenal sebagai roda Tempat Suci. Di bawah titik ini tantra Shakta dan sistem Vajrayana sedikit menyimpang.

Chakra01.gif

Muladhara: The Root Chakra

Muladhara atau root chakra dilambangkan oleh bunga teratai dengan empat kelopak dan warna merah. 
Pusat ini terletak di dasar tulang belakang di daerah coccygeal. 
Hal ini dikatakan berhubungan dengan gonad dan medula adrenal, bertanggung jawab untuk respon fight-or-flight ketika kelangsungan hidup di bawah ancaman. 
Muladhara berhubungan dengan naluri, kelangsungan hidup keamanan, dan juga untuk potensi dasar manusia. Secara fisik, Muladhara seksualitas mengatur, mental itu mengatur stabilitas, emosional itu mengatur sensualitas, dan spiritual itu mengatur rasa aman 
Muladhara memiliki kaitannya dengan indera penciuman. Chakra ini adalah di mana tiga utama nadi memisahkan dan mulai gerakan ke atas mereka. Kundalini Dormant terletak di sini, dibungkus tiga setengah kali sekitar hitam Svayambhu Lingga, terendah dari tiga penghalang baginya penuh meningkat (juga dikenal sebagai knot atau granthis).

Ini adalah kursi dari bindu merah, penurunan perempuan (yang dalam bahasa Tibet Vajrayana terletak di chakra pusar). Suku kata benih Lam (diucapkan lum), dewa adalah Ganesh, [kutipan diperlukan] dan Shakti adalah Dakini  Binatang yang terkait adalah gajah. 
Tidak ada chakra yang ada di posisi ini dalam Buddhisme Tibet. Sebaliknya, di bawah roda tempat rahasia, ada dua roda lain, "permata roda", yang terletak di tengah organ seks, dan roda yang terletak di ujung dari organ seks. Roda ini terlibat dengan praktek tantra permaisuri.

Minor chakras

Selain 7 chakra utama, ada sejumlah chakra lain yang memiliki kepentingan dalam sistem yang berbeda. Sebagai contoh, Woodroffe menggambarkan cakra kepala 7 (termasuk Ajna dan Sahasrara) dalam sumber-sumber yang lain teks India. Terendah ke tertinggi mereka adalah: Talu / Talana / Lalana, Ajna, Manas, Soma, Brahmarandra, Sri (di dalam Sahasrara), Sahasrara. Selain itu, Hrit chakra dikenal sebagai pohon keinginan yang terpenuhi sering dimasukkan di bawah hati, yang mungkin sama dengan chakra dikenal sebagai Surya terletak di ulu hati. Beberapa model juga memiliki serangkaian 7 chakra lebih rendah di bawah muladhara yang turun kaki.


Hrit chakra atau Surya chakra



Chakra ini adalah chakra minor terletak tepat di bawah jantung pada solar plexus, dan dikenal sebagai pohon keinginan yang terpenuhi. 
Di sini, kemampuan untuk menentukan nasib Anda menjadi kenyataan. Ia juga dikenal sebagai chakra Surya.

Mendukung tindakan chakra Manipura dengan menyediakan dengan unsur panas, dan bertanggung jawab untuk menyerap energi dari matahari. Dalam Buddhisme Tibet, sebuah chakra serupa yang disebut Roda Api termasuk dalam skema, tapi ini terletak di atas jantung dan bawah tenggorokan.

Lalana/Talumula


Sebuah chakra dikenal sebagai Lalana terletak di salah satu dari dua tempat, baik di langit-langit mulut, antara Visuddhi dan Ajna, atau di dahi, di atas Ajna. 
Chakra Lalana di atap mulut berhubungan dengan Bindu dan Vishuddhi. 
Ketika nektar Amrit menetes turun dari Bindu, akan disimpan di lalana. Nektar ini dapat jatuh ke manipura dan dibakar, menyebabkan degenerasi bertahap, atau melalui praktek-praktek tertentu itu dapat dikirimkan ke Visuddhi dan dimurnikan, menjadi nektar keabadian.


Manas



Sebuah chakra dikenal sebagai Manas (pikiran) terletak baik antara pusar dan jantung, dekat dengan Surya, atau terletak di atas Ajna di dahi. 
Versi dahi memiliki 6 kelopak, terhubung ke 5 indera ditambah pikiran. 
Dalam Buddhisme Tibet, chakra terletak di dahi disebut roda Angin, dan memiliki 6 jari-jari.

Bindu Visarga/Indu/Chandra


Bindu visarga, terletak baik di bagian belakang atas kepala, di mana beberapa Brahmana meninggalkan seberkas rambut tumbuh, atau di dahi tengah. Hal ini dilambangkan dengan bulan sabit. 
Chakra ini mengeluarkan cairan ambrosial, Amrit, dan merupakan kursi dari bindu putih (bandingkan dengan penurunan bodhicitta putih di cakra mahkota dalam sistem Vajrayana).


Brahmarandra/Nirvana



Dalam beberapa sistem, Sahasrara adalah chakra yang ada di puncak kepala. Namun, sistem lain, seperti yang diuraikan oleh Shri Aurobindo, menyatakan bahwa Sahasrara nyata terletak beberapa cara di atas puncak kepala, dan bahwa chakra mahkota sebenarnya Brahmarandra, semacam Sahasrara sekunder dengan 100 kelopak putih.

Shri/Guru


Ini adalah chakra minor yang terletak sedikit di atas bagian atas kepala. Ini adalah 12 ke atas menghadap teratai petalled, dan hal ini terkait dengan Guru, bahwa kekuatan yang lebih tinggi yang membimbing kita melalui perjalanan spiritual kita.


Lower chakras



Ada dikatakan serangkaian tujuh cakra muladhara turun di bawah kaki, sesuai naluri dasar hewan, dan Hindu bawah Patala. Mereka disebut Atala, vitala, sutala, talatala, rasatala, mahatala dan Patala.

Atala
Cakra ini terletak di bagian pinggul, itu mengatur rasa takut dan nafsu.
Vitala
Terletak di paha, itu mengatur kemarahan dan kebencian.
Sutala
Terletak di lutut, itu mengatur cemburu.
Talatala
Diterjemahkan sebagai 'bawah tingkat bawah', terletak di betis, dan itu adalah keadaan kebingungan yang berkepanjangan dan kesengajaan naluriah.
Rasatala
Terletak di pergelangan kaki, itu adalah pusat dari keegoisan dan sifat hewan murni.
Mahatala
Terletak di kaki, ini adalah dunia gelap 'tanpa hati nurani', dan kebutaan batin.
Patala
Terletak di telapak kaki, ini adalah dunia kejahatan, penyiksaan pembunuhan, dan kebencian, dan dalam mitologi Hindu berbatasan alam Naraka, atau neraka.

Others

Ada dikatakan 21 chakra minor yang tercermin poin dari chakra utama. Ini 21 selanjutnya dikelompokkan menjadi 10 chakra minor bilateral yang sesuai dengan kaki, tangan, lutut, siku, selangkangan, klavikularis, pusar, bahu dan telinga. Limpa juga dapat diklasifikasikan sebagai chakra minor oleh beberapa otoritas meskipun tidak memiliki chakra minor terkait digabungkan.


Criticism of the chakra concept (Kritik terhadap konsep chakra)

Ensiklopedia Skeptis Pseudosains bahwa tidak ada kesepakatan tentang jumlah chakra. Juga, "Sistem chakra ... terbukti tidak memiliki hubungan dengan anatomi atau fisiologi tubuh manusia Tidak ada yang menyerupai energi dari cakra yang pernah terdeteksi, meskipun sensitivitas indah instrumen modern.."


Comparisons with other Esoteric traditions (Perbandingan dengan tradisi Esoterik lainnya)

Sejumlah tradisi mistik lain berbicara tentang energi halus yang mengalir melalui tubuh, dan mengidentifikasi bagian-bagian tertentu dari tubuh sebagai pusat halus. Ada banyak kesamaan antara sistem, bagaimanapun, tidak ada tradisi-tradisi ini berkembang dalam isolasi; tradisi mistik India melakukan kontak dengan tradisi mistik Cina dan Islam, dan mereka mungkin saling mempengaruhi satu sama lain. Demikian pula, tradisi mistik Yahudi dan Islam sama-sama memiliki banyak kesamaan, terutama selama pendudukan Islam Spanyol, dan mistisisme Yahudi pada khususnya memiliki pengaruh atas mistisisme Kristen.

Qigong, the Dantian


Qigong juga bergantung pada model yang sama dari tubuh manusia sebagai sistem energi, kecuali bahwa ia melibatkan sirkulasi qi (ki, chi) energi. 
Energi Qi, setara dengan Prana Hindu, mengalir melalui saluran energi yang disebut meridian, setara dengan nadi, tapi 2 energi lain juga penting, Jing, energi seksual, dan Shen, atau energi roh. 
Dalam rangkaian prinsip qi, yang disebut orbit mikrokosmis, energi naik sebuah meridian utama sepanjang tulang belakang, tetapi juga datang kembali ke depan batang tubuh. 
Sepanjang siklus memasuki berbagai dantians (obat mujarab bidang) yang bertindak sebagai tungku, di mana jenis energi dalam tubuh (jing, qi dan shen) yang semakin disempurnakan. 
Ini dantians memainkan peran yang sangat mirip dengan chakra. 
Jumlah dantians bervariasi tergantung pada sistem; pusar dantian adalah yang paling terkenal (hal itu disebut Hara di Jepang), tapi biasanya ada Dantian terletak di jantung dan di antara kedua alis dantian lebih rendah. pada atau di bawah pusar mengubah esensi seksual, atau jing, qi menjadi energi. 
Para dantian tengah di tengah dada mengubah energi ke dalam shen qi, atau roh, dan dantian lebih tinggi pada tingkat dahi (atau di bagian atas kepala), mengubah Shen ke wuji, ruang tak terbatas berlaku. 
Di Jepang, qi kata ditulis ki, dan berhubungan dengan praktek Reiki, dan memainkan peran penting dalam seni bela diri Jepang seperti Aikido.


Sufism: Lataif


Banyak sufi menggunakan lata'if, pusat halus dalam tubuh yang antara empat atau tujuh dalam jumlah dan berhubungan dengan tingkat yang lebih halus dari keintiman dengan Allah. 
Tapi meskipun beberapa Lataif sesuai dalam posisi untuk chakra, ada juga beberapa perbedaan besar dalam posisi dan makna. 
Satu posisi enam lata'if sistem Nafs, atau diri yang lebih rendah, di bawah pusar, Qalb, atau jantung, di sebelah kiri dada, Ruh, atau roh, di sebelah kanan dada, Sirr, atau rahasia, di solar plexus, yang khafi, atau kehalusan laten, pada posisi mata ketiga dan Akhfa, atau paling misterius, di bagian atas kepala. Mereka sering dikaitkan dengan warna serta seorang nabi tertentu. 
Berbeda dengan sistem India dan Cina, penekanannya bukan pada pusat-pusat halus melakukan semacam alkimia batin atas energi tubuh, seperti kebangkitan kundalini, dan mereka tidak dianggap seperti organ bagi tubuh halus, tapi mereka mewakili lebih abstrak, filosofis konsep, mewakili derajat semakin besar kedekatan kepada Allah.


Christianity, Hesychasm

Sebuah gerakan kontemplatif benar-benar terpisah dalam gereja Ortodoks Timur adalah Hesychasm, suatu bentuk meditasi Kristen. 
Perbandingan telah dilakukan antara pusat Hesychastic doa dan posisi chakra Penekanan khusus ditempatkan pada daerah jantung.
Namun, tidak ada pembicaraan tentang pusat-pusat memiliki apapun keberadaan metafisik. 
Jauh lebih dari dalam salah satu kasus yang dibahas di atas, pusat hanya tempat untuk fokus konsentrasi selama shalat.
Tradisi mistik lain ada dalam kekristenan. Renaissance melihat kelahiran 'Kristen Kabbalah', yang berakar pada Kabbalah Yahudi.



Etymology

Tinjauan Bhattacharyya tentang sejarah Tantra mengatakan bahwa chakra kata digunakan untuk arti yang berbeda dalam sumber-sumber Sansekerta: 
  1. "Lingkaran," digunakan dalam berbagai indra, melambangkan rotasi tak berujung shakti. 
  2. Sebuah lingkaran orang. Dalam ritual ada yang berbeda cakra-sadhana tempat para umat berkumpul dan melakukan ritual. Menurut Niruttaratantra itu, chakra dalam arti rakitan adalah dari 5 jenis. 
  3. Chakra istilah juga digunakan untuk menunjukkan yantras atau diagram mistik, berbagai cara yang dikenal sebagai trikoṇa-cakra, aṣṭakoṇa-cakra, dll 
  4. Berbeda "pleksus saraf dalam tubuh." 
Dalam literatur Buddhis Sansekerta istilah cakra (Pali Cakka) digunakan dalam arti yang berbeda dari "lingkaran", merujuk pada konsepsi Buddhis dari empat lingkaran atau negara di mana keberadaan dewa atau manusia dapat menemukan diri mereka . 

Para ahli bahasa Jorma Koivulehto wrote (2001) dari perayaan tahunan Kekri Finlandia telah meminjam kata dari awal Indo-Arya. 
Indo-Eropa termasuk sanak kuklos Yunani, Lithuania kaklas, Tocharian B kokale dan Inggris "roda." 

Sanak dari "chakra" masih ada di bahasa Asia modern juga. Dalam bahasa Melayu, "cakera" berarti "disk," misalnya "cakera padat" = "compact disc."


sumber: http://www.wikipedia.com/

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar