Kategori

Artikel Populer

Total Tayangan Halaman

isi BLOG

Senin, 07 November 2011

Kematian John Opel Pertanda Era Kematian PC?

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Kematian John Opel, orang yang pertama kali memperkenalkan komputer PC ke dunia, turut disebut sebagai pertanda kiamatnya industri PC?
John R. Opel, bekas presiden dan CEO IBM mulai tahun 70 hingga 80-an, telah meninggal dunia padal 2 November 2011 di usia 86 tahun. Kematiannya pun disebut oleh berbagai pengamat berbarengan dengan era kematian PC, yang 'dibunuh' oleh eksistensi tablet.
Ketika menjabat sebagai CEO pada 1981 sampai 1985, Opel memimpin IBM ke era baru di masanya dan bersaing keras dengan Apple Computer Inc. Komputer personal (PC) IBM pun pertama kali diluncurkan pada Agustus 1981.
"Ia selalu menantang berbagai asumsi orang. Selain itu, ia juga selalu menekan sampai melampau batas," ujar Nicholas Donofrio, bekas Senior Vice President IBM.
Opel pernah masuk menjadi sampul majalah Time edisi 11 Juli 1983, karena saat itu IBM mampu menghasilkan US$4,4 miliar, yang membuat mereka sebagai perusahaan paling menguntungkan di Amerika Serikat (AS) pada 1982.
Di saat kepemimpinan Opel pun, saham IBM 'kembali' dengan keuntungan hampir 117 persen. Saat itu pula Intel Corp sahamnya juga dibeli oleh IBM.
John Robert Opel lahir pada 5 Januari 1925 di Kansas City, Missouri, AS. Opel lulus dari Westminster College di Fulton, sebelum melanjutkan studi di University of Chicago pada 1949.
Opel pertama kali bergabung di IBM sebagai Sales Representative di Jefferson City dan dipromosikan ke manajemen setelah lewat periode tahun 50-an.
Pada 1966, Opel menjadi vice president dan kemudian ditunjuk ke komite manajemen di tahun berikutnya. Lalu pada 1968 ia menjabat sebagai President Finance and Planning, Senior Vice President pada 1969, Group Executive of Data Processing Product Group pada 1972, dan akhirnya jadi President IBM pada 1974.
Opel duduk menjabat sebagai CEO dan Chairman of Management Comitee, pada 1 Januari 1981, menggantikan posisi lowong yang ditinggalkan oleh Frank T. Cary.
Saat ini, mulai pertengahan 2000-an posisi PC pun tidak sekuat di era 90 maupun 80-an. Pengguna mulai melirik netbook, laptop. Hingga mulai akhir periode 2000-an tablet mulai masuk ke pasaran, dengan jumlah peminat yang sangat tinggi.
Bahkan banyak pengamat yang meramalkan bahwa PC akan segera hilang digilas keberadaan tablet. Namun tidak sedikit pula mengatakan bahwa PC akan terus bertahan.
Orang yang pertama kali memperkenalkan PC sudah meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Apakah PC yang ia kenalkan juga akan turut menyertainya? [mor]

sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1793320/kematian-john-opel-pertanda-era-kematian-pc

By : blankerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar